Rabu, 16 Februari 2011

Kabupaten Sorong Selatan


Kabupaten Sorong Selatan adalah sebuah kabupaten di Papua Barat, Indonesia. Luas daratannya adalah 9.408,63 km². Pada tahun 2007, kota ini mempunyai penduduk sejumlah 48.750 jiwa. Ibu kotanya adalah Teminabuan.



Wisata Sorong Selatan

Kabupaten Sorong Selatan memiliki potensi pariwisata alam yang patut dikunjungi karena keindahannya. Beberapa tempat yang dapat menjadi tujuan utama wisata antara lain panorama Danau Ayamaru dan Uter di Aitinyo yang begitu memesona, Kali Wensi di Ayamaru juga menawarkan pemandangan yang tak kalah indahnya. Distrik Teminabuan juga menawarkan berbagai pesona keindahan alam seperti Air Terjun Kohin, Hutan Wisata Bariat serta Kali Sembra. Begitu juga dengan wisata pemancingan yang terdapat di muara Waigo dan konda. Sorong Selatan juga memiliki objek wisata sejarah seperti Tugu Pendaratan Trikora yang terletak di Teminabuan. Sektor parwisata ini didukung dengan fasilitas yang akan menambah kenyamanan kunjungan wisatawan, yaitu dua buah hotel yang ada di Teminabuan serta 3 penginapan yang terdapat di distrik Teminabuan, Inanwatan, dan Ayamaru.


Danau Ayamaru

DANAU Ayamaru terletak di Distrik Ayamaru, Kabupaten Sorong Selatan, 216 kilometer arah barat Kota Sorong. Sejak dulu danau itu menjadi pusat transportasi, wisata, dan sumber penghidupan bagi masyarakat sekitar. Tetapi fungsi tersebut lama kelamaan hilang dalam beberapa tahun terakhir ini karena air danau Ayamaru menyurut hingga 50 meter, dan bahkan sebagian telah mengering. Sebagian areal danau sudah menjadi rawa dan ditumbuhi rumput-rumput.


Kehutanan

Luas hutan di Kabupaten Sorong Selatan ± 13.805 Km2 yang meliputi hutan lindung, hutan konservasi dan hutan produksi. Hutan-hutan tersebut tergolong dalam hutan tropis, yang kaya akan flora dan faunanya. Sementara hutan sagu yang ada luasnya mencapai ± 4.000 Km2, sampai saat ini hanya dimanfaatkan untuk kebutuhan hidup sehari-hari sebagai bahan pangan masyarakat, baru sebagian kecil yang sudah diolah dan dijual di pasar lokal. Sedangkan hasil hutan lainnya, sampai saat ini pun belum termanfaatkan secara maksimal.

Melihat potensi hutan tersebut yang begitu besar, maka sektor ini diharapkan menjadi sumber penerimaan terbesar bagi Kabupaten Sorong Selatan. Sebaran masing-masing potensi tersebut adalah sebagai berikut :

1) Kayu bulat; tersebar di distrik : Inanwatan, Kais, Kokoda, Wayer, Aitinyo, Aifat, Aifat Timur, dan Seremuk;
2) Sagu, tersebar di distrik : Inanwatan, Kais, Kokoda, Teminabuan, Seremuk, Wayer, Moswaren, Aitinyo ;
3) Rotan, Damar, Kayu Lawang; tersebar di Distrik : Aitinyo, Ayamaru Utara, Mare, Aifat, Aifat Timur, dan Sawiat;
4) Kayu Gaharu; tersebar di distrik : Aifat Timur, Aifat, Aitinyo, Ayamaru Timur, Mare dan Sawiat.


Perkebunan

Komoditi perkebunan yang dikembangkan disalah satu provisi papua barat antara lain : kakau, kelapa dan kelapa sawit.

Adapun areal yang telah dimanfaatkan dan rencana pengembangannya yaitu :
1) Kakao; tersebar di Distrik : Teminabuan, Wayer, Ayamaru, Aitinyo, Moswaren;
2) Kelapa; tersebar di Distrik : Teminabuan, Wayer, Seremuk, Moswaren, Inanwatan, Kais;
3) Kelapa sawit; sampai saat ini belum dikembangkan, namun berdasarkan hasil survey bahwa kemungkinan pengembangan kelapa sawit tersebar di Distrik : Inanwatan, Teminabuan, Seremuk, dan Aitinyo.


Pertambangan dan Energi

Kabupaten Sorong Selatan merupakan daerah yang memiliki potensi pertambangan yang melimpah dan cukup menjanjikan. Potensi yang telah berhasil dieksplorasi adalah minyak dan gas bumi di Distrik Inanwatan. Selain minyak dan gas bumi, sebenarnya kekayaan dalam perut bumi Kabupaten Sorong Selatan juga masih sangat berlimpah. Namun hingga saat ini belum dapat dimanfaatkan.
Potensi mineral yang belum tergarap dan menjadi sebuah potensi investasi yang cukup menjanjikan bagi usaha peningkatan kualitas hidup masyarakat. Potensi tersebut tersebar hampir di seluruh distrik Kabupaten Sorong Selatan, seperti gambaran berikut ini;

1) Fosfat; tersebar di Distrik : Ayamaru, Ayamaru Utara, Mare, dan Aifat.
2) Bahan Semen; tersebar di Distrik : Ayamaru, Ayamaru Utara, Aifat, Sawiat, Aitinyo dan Teminabuan.
3) Batu Gamping; tersebar di Distrik : Teminabuan dan Sawiat.
4) Minyak dan Gas Bumi; terletak di Distrik Inanwatan.
5) Batubara; tersebar di Distrik : Aifat, Aifat Tmur, Wayer dan Moswaren;
6) Zink; tersebar di Distrik Aifat;
7) Timah, tersebar di Distrik Aifat;
8) Emas; tersebar di Distrik : Aifat dan Aifat Timur;
9) Marmer; tersebar di Distrik Aifat.


Sumber :
http://sorongselatanguide.blogspot.com/2008_07_01_archive.html 
http://www.wisatanesia.com/2010/07/wisata-sorong-selatan.html 

Sumber Gambar:
http://www.pemilu.asia/images/DPR/map/2009/Pabar.gif
http://juanfranklinsagrim.blogspot.com/2008/08/papua-dan-kabupaten-sorong-selatan-suku.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar