Selasa, 15 Februari 2011

Pulau Miossu, Kabupaten Tambrauw

Pulau Miossu merupakan pulau tak berpenghuni yang terletak di Samudera Pasifik dan berbatasan langsung dengan Republik Palau. Di Pulau ini terdapat Titik Dasar dan Titik Referensi No. TD dan TR 070. Secara Administratif pulau ini masuk dalam wilayah Kabupaten Sorong, Papua Barat. Luas pulau ini hanya 0,84 Km persegi dengan tutupan lahan vegetasi liar. Posisinya yang berhadapan langsung dengan Samudera Pasifik menyebabkan pulau ini rawan terhadap abrasi. Selain itu fasilitas mercusuar belum terdapat di pulau ini.


..............

Terletak di perairan Samudera Pasifik, Pulau Miossu merupakan pulau terdepan keempat yang didata oleh Tim Ekspedisi Garis Depan Nusantara di Provinsi Papua. Pulau ini secara administratif kini masuk kedalam wilayah Kabupaten Tambrauw, Provinsi Papua Barat. Sebuah kabupaten baru yang berdiri pada tahun 2008.

Sama halnya dengan dua pulau terdepan lain di Papua, Pulau Budd dan Pulau Fani, Ekspedisi kali ini menggunakan Kapal Patroli Hiu Macan 002 milik Kementrian Kelautan dan Perikanan. Kapal ini merupakan kapal pengawas kegiatan kelautan yang beroperasi di wilayah timur Indonesia.

Pulau Miossu tak berpenghuni. Pulau ini pada saat saat tertentu disinggahi penduduk Sausapor, Kabupaten Tambrau untuk memetik kelapa maupun pada saat musim ikan berlangsung. Di Pulau Miossu mereka membangun gubuk gubuk sederhana untuk beristirahat.

Pulau Miossu mempunyai kontur yang landai. Material pembentuk berupa pasir dan karang berongga di pesisirnya. Pantainya jernih dengan pasir berwarna kuning kemerahan. Ketersediaan air bersih pun cukup, penduduk musiman mendapatkan air membuat sumur tanah diantara gubuknya. Pulau ini sangat potensial dijadikan tempat pariwisata, hanya saja infrastruktur jalan darat dari Kabupate Sorong ataupun Kabupeten Tambrau belum tersedia.


Sumber :
http://www.garisdepannusantara.org/content/view/84/46/
http://www.92pulau.com/ekspedisi-pulau-miossu-kabupaten-tambrauw-provinsi-papua-barat/ 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar