Selasa, 15 Februari 2011

Tanpa Pemekaran Wilayah, Papua Barat Tak Akan Maju

Kabupaten Sorong dalam perjalanannya telah dimekarkan menjadi Kota Sorong, Kabupaten Sorong Selatan, Raja Ampat Tamrau dan Maybrat. Kini dua calon kabupaten baru sedang dipersiapakan, yaitu Kabupaten Maybrat Sau dan Kabupaten Moi.


Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sorong Sudirman menga-takan. untuk memajukan pembangunan kesejahteraan rakyat Kabupaten Sorong, Papua Barat, dan Papua umumnya, tak ada cara lain, kecuali hanya denganpemekaran wilayah.

Hal ini % sudah dibuktikan Kabupaten Sorong dengan meme-karkan diri menjadi enam kabupaten dan satu kota.

Kini rakyat enam kabupaten ini sudah maju karena kawasan yang dahulunya hanya kecamatan (distrik) kini jadi kabupaten/kota. Pemerintah pusatharus mendukung pemekaran wilayah dua kabupaten baru lagi, yang kini sudah diusulkan Pemkab Kabupaten Sorong ke Jakarta.


Sejumlah kabupaten dan kota yang dimekarkan Kabupaten Sorong di Papua Barat, dewasa ini tingkat kemajuan pembangunan wilayahnya sudah dapat dibanggakan. "Antara lain, Kabupaten Raja Ampat, yang dahulunya hanya sebuah kecamatan, kini menjadi kabupaten bahari yang terkenal di duniakarena objek wisatanya," kata SiIHirman di Aimas, ibu kota Kabupaten Sorong.

Selain julukannya sebagai kabupaten bahari, sumber daya alam lainnya di Raja Ampat adalah pertambangan seperti minyak, gas, nikel, tembaga, emas, pertanian, perkebunan, dari perikanan. Dengan sejumlah sumber daya alamnya itu, Raja Ampat dewasa ini tingkat kemajuan kesejahteraan masyarakatnya membanggakan. Ini didukung pula dengan kualitas sumber daya manusianya yang memadai di berbagai bidang disiplin ilmu.

Lantas Kabupaten Sorong Selatan, yang dahulunya juga hanya sebiiah kecamatan (distrik), kini menjadi sebuah kabupaten yang maju dalajn pembangunan infrastruktur fisik maupun non-fisiknya. Dari aspek sumber daya alamnya, kabupaten ini sangat sempurna. Mulai dari minyak dan gas, nikel, emas, tembaga; pertanian, perkebunan, perikanan, hingga hasil hutan dan lain-lain, ditunjang sumber daya manusia (SDM)-nya membuat daerah itu kini maju pesat.

Begitu juga Kota Sorong yang dimekarkan dari Kabupaten Sorong awal tahun 2000, kini menjadi salah satu kota terkemuka di Papua dan Papua Barat. Sejumlah investor besar di Jakarta bahkan dari luar negeri kini berdatangan ke kota ini untuk menanamkan investasinya di berbagai bidang pembangunan.

Sedangkan dua kabupaten pedalaman setempat, yang baru dimekarkan dua tahun lalu dari Kabupaten Sorong (kabupaten induk), yaitu Kabupaten Maybrat dan Kabupaten Tambrauw, tahun ini sudah berjalan maksimal dengan anggarannya masing-masing. Ini memudahkan masyarakat dua daerah pedalaman itu berkembang dengan baik.

"Dengan demikian, penting sekali pemekaran wilayah di Kabupaten Sorong bertambah lagi dua kabupaten baru, yaitu calon Kabupaten Maybrat Sau dan Kabupaten Moi, agar masyarakat di pedalaman terpencil itu sejahtera. Pemekaran ini penting bagi Papua Barat dan Papua umumnya kalau kita benar-benar inginmemajukan daerah ini," kata Sudirman. (Yacob Naulyl)

Sumber :
Suara Karya, 26 Agustus 2010, dalam :
http://bataviase.co.id/node/358431

Tidak ada komentar:

Posting Komentar